Cara Mengatasi Telkomsel di Hack

Cara mengatasi Telkomsel di hack bisa dilakukan dengan mudah, akan tetapi sebelum masuk ke topik pembahasannya kita akan mengulas sedikit mengenai nomor telepon.

Pastinya semua pengguna Smartphone mempunyai nomor telepon, dikarenakan nomor telepon ini berfungsi untuk menerima dan melakukan panggilan ataupun mengirim dan menerima pesan teks.

Tentu saja pada saat seseorang baru membeli atau memakai Handphone mereka, pastinya akan membutuhkan nomor telepon nah nomor telepon ini dikemas dalam bentuk kartu SIM.

Hal seperti ini begitu pentingnya peranan nomor telepon dikehidupan sekarang ini dan itu membuat kita harus berhati-hati pada saat menggunakannya.

Bukan hanya untuk melakukan panggilan, nomor telepon juga kadang dijadikan untuk melakukan konfirmasi sebuah kata sandi.

Seperti halnya di beberapa sosial media membutuhkan peran nomor telepon, buat mengatur ulang kata sandi sebab metode tersebut dipastikan aman.

Dikarenakan hanya pemiliknya saja yang bisa menerima kode OTP tersebut, untuk lebih jelasnya langsung saja simak cara mengatasi Telkomsel di hack sebagai berikut.

Cara Mengatasi Telkomsel di Hack

Cara Mengatasi Telkomsel di Hack
Di zaman modern seperti sekarang ini, sebagian besar orang menjadikan HP untuk menyimpan semua data pribadi, pasalnya data pribadi tersebut akan langsung terhubung ke internet.

Bahkan sebagian juga disimpan pada kartu SIM diantaranya yaitu nama, alamat, foto dan nomor telepon hanyalah sebagian kecil data yang tersimpan di kartu SIM.

Apa bila ada oknum peretas yang tiba-tiba saja menyusup ke perangkat anda dan oknum tersebut bisa langsung saja mengakses semua data yang tersimpan.

Oleh sebab itu, sangat penting untuk melindungi kartu SIM dari pencurian dikutip dari Help Desk Geek dan langsung saja simak dibawah ini.

Cara mengatasi Telkomsel di hack yaitu sebagai berikut:

1. Lindungi Perangkat

Cara yang biasanya dilakukan oleh oknum untuk meretas perangkat seluler ialah dengan mendapatkan perangkat itu sendiri, maka dari itu jangan izinkan orang asing memakai perangkat pribadi anda.

Apa bila anda saat ini kehilangan perangkat, langsung saja menghubungi penyedia layanan untuk penangguhan sementara waktu.

Tidak itu saja, maka perangkat juga harus dilindungi menggunakan kata sandi yang kuat untuk menjaga keamanan perangkat tersebut itulah cara mengatasi Telkomsel di hack.

2. Jangan Berbagi Informasi di Media Sosial

Media sosial sekarang ini sudah menjadi magnet tersendiri buat para pengguna Smartphone, terlebih lagi saat ini sebagian orang di seluruh dunia tentu saja mempunyai media sosial dalam semua platform.

Biasanya mereka akan memakai media sosial tersebut untuk berhubungan dengan teman, keluarga atau hanya sekadar memamerkan kehidupan sosial.

Oknum peretas akan memantau dan mempelajari seluruh sejarah media sosial anda untuk mencari informasi, lalu informasi tersebut nantinya akan mereka pakai untuk mencuri identitas anda.

Peretas akan berusaha mempelajari kepribadian anda dan memakai informasi itu untuk meretas kartu SIM, ditambah mereka akan mencoba menipu penyedia layanan.

Untuk meminta kartu SIM baru dengan berpura-pura menjadi sik pemiliknya, apa bila hal itu berhasil sehingga peretas memperoleh kartu SIM dengan nomor telepon yang dimiliki.

Maka secara otomatis mereka akan menerima semua panggilan dan juga teks yang ditujukan kepada anda, terlebih lagi dengan adanya kartu SIM ini sehingga mereka bisa menggunakan untuk meretas.

Rekening bank, email dan merubah kata sandi jadi jangan berbagi informasi di media sosial yang bersifat penting itulah salah satu cara mengatasi Telkomsel di hack.

3. Menghindari Wi-Fi Publik

Memang sangat sulit buat kita untuk tidak memakai koneksi internet atau Wi-Fi yang disediakan oleh tempat-tempat tertentu, akan tetapi anda juga harus menyadari bahwa bisa saja terjadi kejahatan.

Atau serangan dari cyber di tempat tersebut, biasanya serangan yang di maksud disini bukanlah seperti begal atau jambret namun serangan ini menuju ke data-data yang ada pada Smartphone.

Yang dimana langsung tersambung dengan WiFi tersebut, pada umumnya para peretas sering kali menargetkan tempat-tempat yang menyediakan WiFi gratis seperti kedai kopi, mall dan lainnya.

Secara umum Wi-Fi publik mempunyai keamanan internet yang buruk, maka dari itu sangat rentan untuk diretas akan tetapi bila anda sangat terpaksa harus menggunakan Wi-Fi publik.
Pastikan anda menonaktifkan Bluetooth nirkabel dan tidak memakai layanan VPN, itulah adalah cara mengatasi Telkomsel di hack.

4. Gunakan Otentikasi Dua Faktor

Ada cara lain yang bisa anda lakukan untuk melindungi kartu SIM dari peretas, cara ini adalah dengan menggunakan mode otentikasi dua faktor (2FA).

Bahkan anda bisa menggunakan Aplikasi Google Authentication, jika anda memakai aplikasi ini maka otentikasi akan dikaitkan ke dalam perangkat pengguna saja.

Jadi akan membuat lebih aman untuk kartu SIM, dikarenakan nomor telepon anda tidak langsung terhubung itulah cara mengatasi Telkomsel di hack.

5. Mengatur PIN Kartu SIM

Tidak hanya itu saja, anda juga bisa mengatur beberapa perlindungan keamanan pada kartu SIM nanti perlindungan keamanan yang bisa anda terapkan ialah menambahkan kode PIN.

Dengan cara ini, jika ada oknum yang ingin melakukan perubahan data pada kartu SIM sehingga mereka harus memasukan kode PIN terlebih dahulu.

Cara Mengunci Kartu SIM

Bukan hanya cara mengatasi Telkomsel di hack saja, anda bisa mengatur kartu SIM melalui telepon dengan operator atau online di situs web resmi operator.

Cara mengunci kartu SIM yaitu sebagai berikut:
  • Pertama-tama yang harus dilakukan yaitu silahkan anda buka Pengaturan > Kunci layar dan keamanan > Pengaturan keamanan lainnya > Siapkan kunci kartu SIM.
  • Untuk para pengguna dari iPhone anda dapat melakukannya dengan cara yaitu sebagai berikut:
    • Terlebih dahulu anda tinggal membuka Pengaturan > Seluler > PIN SIM.
  • Untuk pengguna dari iPad yaitu sebagai berikut:
    • Pada langkah ini langsung saja buka Pengaturan > Data seluler > PIN SIM.
Itulah seluruh isi artikel kita kali ini mengenai cara mengatasi Telkomsel di hack yang sudah kami jabarkan untuk anda gunakan dan terapkan.

Ada beberapa cara yang sudah kami sampaikan diatas untuk anda yang ingin mengatasi kartu Telkomsel yang terkena hack.

Jika informasi yang sudah kami berikan ini sangat bermanfaat dan berguna untuk itu langsung saja bagikan link artikel ini ke sosial media anda miliki seperti Facebook, Instagram dan lain sebagainya.
Dody S. Editor artikel teknologi, konsultan IT. Telah berkecimpung di bidang website dan teknologi sejak tahun 2017.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel