Cara Login WhatsApp Dengan Email 2023

Cara Login WhatsApp Dengan Emai
Bagi anda yang sedang mencari tentang bagaimana cara login WhatsApp dengan Email, tenang saja karena di artikel ini kami sudah menyediakan pembahasannya untuk anda.

Di era sekarang ini, untuk mendaftar atau Login ke media sosial seperti Facebook, Twitter dan Instagram harus mempunyai Email.

Bahkan kini sudah banyak orang yang menggunakan Email untuk Login ke aplikasi seperti Tokopedia, SkillAcademy, Ruangguru, Bukalapak, Shopee, Lazada dan banyak lagi.

Anda harus mempunyai email agar bisa masuk kedalamnya, ditambah lagi HP Android sekarang ini memiliki sistem yang mengharuskan penggunanya memiliki Email.

Apalagi sekarang untuk masuk ke aplikasi WhatsApp anda harus menggunakan Email agar bisa Login kedalamnya.

Namun bagi anda yang bingung dengan bagaimana cara login ke aplikasi WhatsApp dengan email karena sudah terbiasa menggunakan nomor HP.

Tidak perlu hawatir karena dalam ulasan dibawah ini kami akan uraikan secara detail tentang cara login WhatsApp dengan Email. Simak sampai akhir yaa!

Kegunaan Login WhatsApp dengan Email

Cara Login WhatsApp Dengan Emai
Kegunaan Login WhatsApp dengan Email
Sebelum membahas bagaimana cara login WhatsApp dengan Email, terlebih dulu anda harus mengetahui kegunaannya.

Kegunaan login sosial media dengan Email adalah untuk mengkonfimasi diri bahwa dirinya adalah pemilik resmi akun tersebut.

Namun dalam kasusu tertentu, anda hanya dapat mendaftarkan diri dengan menggunakan nomor telepon saja.

Karena nomor HP digunakan untuk mengkonfirmasi sebagai pengganti email.

Biasanya konfirmasi Email dilakukan pada kasus yang terdapat pada aplikasi Chatting, termasuk pada aplikasi WhatsApp tersebut.

Cara Login WhatsApp dengan Email

Cara Login WhatsApp Dengan Emai
Cara Login WhatsApp dengan Email
Apakah bisa melakukan cara login WhatsApp dengan Email? Jawabannya adalah tetap tidak bisa, karena Login WhatsApp dengan Email tidak bisa dilakukan.

Selain itu, WhatsApp hanya akan mengirim dan menerima informasi melalui nomor HP saja.

Dalam hal ini, aplikasi WhatsApp hanya dapat menggunakan nomor HP yang masih aktif digunakan.

Manfaat menggunakan Email di aplikasi WhatsApp ini adalah untuk Membackup Chat yang ingin dicadangkan.

Perlu diketahui anda hanya bisa menggunakan Email dari @gmail.com saja untuk membackup chat yang hilang atau hendak menyimpannya.

Chat yang sudah di Backup di @gmail.com akan dikirimkan ke Google Drive yang bertautan langsung dengan aplikasi WhatsApp.

Bahkan Google Drive tersebut merupakan bagian dari Google yang harus mendaftarkan dirinya dengan meggunakan Email @gmail.com.

Fungsi Login WhatsApp dengan Email

Cara Login WhatsApp Dengan Emai
Fungsi Login WhatsApp dengan Email
Tidak hanya cara login WhatsApp dengan Email saja, melainkan anda harus mengetahui fungsi Email pada aplikasi WhatsApp selain untuk membackup chat.

Pasalnya fungsi email ini diperuntukkan agar bisa mengirimkan verifikasi dua langkah dimana pihak WhatsApp akan menambahkan email sebagai alternatif mengirimkan verifikasi.

Tidak hanya itu, verifikasi dua langkah itu juga berbentuk 6 PIN seperti PIN ATM dan Email juga menggunakan verifikasi ini.

Pengguna WhatsApp tidak diwajibkan menggunakan Google Email (Gmail) karena pengguna WA dibebaskan menggunakan Email yang mana saja bahkan di provider lain.

Pada provider Microsoft seperti (hotmail.com/outlook.com) Yahoo (@yahoo.com), juga @yahoo.co.id dan yang terakhir @email dari provider lainnya

Cara Mendapatkan Kode Verifikasi WhatsApp Lewat Email

Cara Login WhatsApp Dengan Emai
Cara Mendapatkan Kode Verifikasi WhatsApp Lewat Email
Setelah mengetahui cara login WhatsApp dengan Email, apakah bisa mendapatkan kode verifikasi WhatsApp melalui Email juga?

Sudah tahukah anda bagaimana cara mendapatkan kode verifikasi WhatsApp melalui Email? Apakah cara ini masih bekerja? Sangat disayangkan karena trik ini tidak bisa dilakukan.

Seperti yang dilansir dari Quora, WhatsApp Login secara khusus dan tidak memberikan akses untuk mengirim kode verifikasi melalui layanan email seperti Google, Yahoo atau lainnya.

Alamat email khususnya Google masih bisa digunakan pada WhatsApp, hanya untuk sekedar tempat mencadangkan chat yang akan disimpan ke Google Drive.

Aplikasi ini sangat bisa diandalkan terutama dalam hal menyimpan file, foto dan video.

Pada laman Frequenly Asked Questions (FAQ), WhatsApp juga menjelaskan bahwa kode verifikasi akun WA hanya dapat dikirimkan ke nomor HP pengguna baik SMS atau telepon.

Fungsi Kode Verifikasi WhatsApp dan Persyaratannya

Cara Login WhatsApp Dengan Emai
Fungsi Kode Verifikasi WhatsApp dan Persyaratannya
Sekarang anda sudah tahu bahwa cara login WhatsApp dengan Email hanya bisa dilakukan untuk membackup data-data pribadi atau chat lainnya di aplikasi WhatsApp.

Login WhatsApp tetap dilakukan seperti biasa, yaitu mendaftar dengan menggunakan nomor HP yang masih aktif agar bisa menerima kode verifkasi.

Sama dengan aplikasi pada umumnya, kode verifikasi Whatsapp juga berfungsi untuk memastikan apakah pengakses akun merupakan pemilik asli dari nomor telepon tersebut atau bukan.

Kode verifikasi WA akan diminta ketika anda melakukan WhatsApp Login setelah memasukkan nomor telepon pada tahap awal.

Untuk mendapatkan 6 digit PIN verifikasi, WhatsApp hanya menyediakan dua opsi yaitu SMS dan juga panggilan telepon.

Adapun persyaratan lainnya untuk mendapatkan kode verifikasi WhatsApp saat melakukan pendaftaran akun, diantaranya yaitu:
  • Aplikasi WA yang terpasang di HP anda adalah versi terbaru yang ada di layanan Google Play (Android) atau App Store (iPhone).
  • Memasukkan nomor telepon sesuai dengan kode Negara yang ditentukan, misalnya untuk nomor telepon Indonesia gunakan format +62 813 ******.
  • Pastikan HP anda mempunyai akses jaringan internet ataupun paket data atau WiFi, juga bisa mendapatkan telepon dan SMS Internasional.
  • Tidak menggunakan perangkat yang tidak didukung dan Jailbreak khusus untuk iOS.

Cara Aman Login WhatsApp Tanpa Verifikasi

Cara Login WhatsApp Dengan Emai
Cara Aman Login WhatsApp Tanpa Verifikasi
Kesulitan mendapatkan kode verifikasi pada aplikasi WhatsApp tentu menjadi salah satu masalah krusial, karena jika itu terjadi anda tidak akan bisa masuk ke akun WhatsApp anda.

Umumnya, masalah ini ditemukan saat nomor anda sudah tidak aktif lagi atau karena HP yang anda gunakan hilang.

Oleh karena itu, penting bagi anda untuk melakukan langkah pencegahan seperti yang kami sediakan dibawah ini, diantaranya yaitu:

1. Rutin Backup Chat WhatsApp

Karena WhatsApp berisi percakapan penting, maka tidak ada salahnya untuk melakukan backup chat secara rutin, baik harian, mingguan atau bulanan.

Untuk mengaksesnya anda hanya perlu pergi ke menu Setting > Chats > dan Restore Chat WhatsApp melalui Google Drive.

2. Simpan Nomor HP ke Akun Google

Kontak WhatsApp yang ikut hilang ketika HP hilang atau dicuri tentu membuat kesal, jadi kami sarankan untuk selalui menyimpan nomor telepon ke akun Google pribadi.

Jangan menyimpan nomor pada HP atau SIM, karena provider tidak akan dapat mengembalikannya.

Jadi dengan menyimpan nomor telepon pada akun Google, anda bisa me-restore kontak WhatsApp anda pada perangkat lainnya.

3. Hubungi Layanan Dukungan Aplikasi WhatsApp

Metode pertama saat anda menggunakan Virtual Number untuk Login WhatsApp sebenarnya juga bisa anda gunakan.

Kalau terdapat pesan error seperti sebelumnya, maka anda bisa langsung menghubungi support@whatsapp.com untuk memverifikasi jika nomor ini benar anda gunakan.

Pasalnya, biasanya virtual number yang diberikan banyak yang gratis karena nomor tersebut merupakan hasil Recycle dari nomor HP yang pernah nonaktif sebelumnya.

Akhir Kata

Itulah pembahasan singkat seputar cara login WhatsApp dengan Email, metode itu hanya bisa digunakan hanya untuk membackup chat saja.

Bahkan sampai sekarang aplikasi WhatsApp masih konsisten menggunakan nomor yang masih aktif untuk Login ke WA.

Perlu diingat bahwa hanya untuk membackup data! Gunakan email membackup data agarr tidak hilang, terutama menyimpan chat pribadi anda. Sekian dan smeoga bermanfaat.
Yogi Ahmad Erlangga Praktisi teknologi. Berbagi pengalaman dan pengetahuan di bidang teknologi.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel