Cara Membobol Sandi Wifi Tanpa Aplikasi & Dengan Aplikasi 2024

Cara Membobol Sandi Wifi
Cara Membobol Sandi Wifi Tanpa Aplikasi & Dengan Aplikasi - Saat ini kita semua bisa menemukan akses wifi dengan mudah, mulai dari rumah, kantor, warung makan, cafe, restoran, hotel, rumah sakit, toko-toko swalayan bahkan warung pinggir jalan pun ada.

Tetapi sayangnya, tidak semua tempat menyediakan akses wifi secara gratis, karena biasanya ke cafe atau restoran kita harus membeli dulu, baru dikasih akses wifi-nya.

Sama juga dengan wifi rumah atau kantor yang pasti tidak akan memberikan password wifi mereka secara gratis kepada sembarang orang.

Maka dengan terpaksa kita harus meminta password wifi sama tetangga dan terkadang kita juga merasa

Namun sebenarnya saat ini di internet sendiri banyak yang membagikan informasi tentang cara untuk membobol sandi wifi untuk mengetahui passwordnya.

Nah, pertanyaan adalah apakah berbagai cara untuk membobol wifi yang beredar di internet tersebut benar-benar bisa mengetahui password wifi milik orang lain?

Cara Membobol Sandi Wifi Tanpa Aplikasi & Dengan Aplikasi

Untuk itu, kali ini kami akan mencoba langsung beberapa cara membobol sandi wifi tanpa aplikasi & dengan aplikasi yang banyak beredar di internet untuk membuktikan kebenarannya dan ulasannya yaitu sebagai berikut.

1. Cara Membobol Sandi Wifi Tanpa Aplikasi Menggunakan Konfigurasi IP Address

Cara Membobol Sandi Wifi
Cara Membobol Sandi Wifi Tanpa Aplikasi Menggunakan Konfigurasi IP Address
Cara pertama yang akan kami bahas adalah menggunakan konfigurasi IP Address dan cara ini paling sering digunakan oleh para hacker untuk membobol password wifi yang tidak menggunakan aplikasi.

Sementara cara ini biasanya digunakan untuk membobol password jaringan wifi yang menggunakan router modem, seperti indihome dan jaringan @wifi.id.

Untuk cara membobol sandi wifi tanpa aplikasi menggunakan konfigurasi IP Address yaitu sebagai berikut:
  • Langkah pertama, Anda harus mengaktifkan wifi yang ada di HP atau laptop.
  • Setelah wifi aktif, Anda bisa langsung melihat hotspot apa saja yang aktif di sekitar dan yang paling mudah ditemui dan ada dimana-mana adalah @wifi.id sehingga alamat inilah yang paling sering dibobol para hacker.
  • Jika memilih @wifi.id, maka Anda harus connect ke alamat ini terlebih dahulu.
  • Biasanya setelah melakukan koneksi, maka akan muncul pop-up yang meminta Anda untuk memasukkan username dan password dan bersamaan dengan itu akan muncul halaman mode Modify Network Configuration.
  • Di sinilah Anda bisa mulai mengutak-atik alamat IP dari @wifi.id dan di halaman ini Anda harus mengganti IP Address yang biasanya tertulis 192.168.1.1 menjadi 192.168.1.2.
  • Jika sudah, selanjutnya Anda bisa masuk ke browser kemudian tuliskan http//: 192.168.1.254 pada kolom address di bagian atas.
  • Apabila sudah keluar halaman login, maka Anda tak perlu bingung karena inilah yang ditunggu-tunggu. Karena username dan password dengan memilih kata ADMIN atau USER tinggal Anda masukkan saja.
  • Namun harus diingat bahwa username dan password harus sama, dimana jika Anda memilih username ADMIN maka password juga harus ADMIN. Tetapi bila memilih username USER maka password yang dimasukkan juga harus USER.
  • Setelah itu, Anda bisa masuk ke bagian Pengaturan kemudian carilah Wifi untuk melihat username dan passwordnya.
  • Kemudian Anda akan melihat username dan password yang sebenarnya digunakan untuk masuk ke @wifi.id oleh penggunanya yang saat itu tsudah erkoneksi dengan gadget sehingga Anda bisa langsung menggunakannya.

2. Cara Membobol Sandi Wifi Tanpa Aplikasi Menggunakan CMD (Command Prompt) di Desktop atau Laptop

Cara Membobol Sandi Wifi
Cara Membobol Sandi Wifi Tanpa Aplikasi Menggunakan CMD (Command Prompt) di Desktop atau Laptop
Jika Anda ingin berkoneksi via wifi saat menggunakan desktop atau laptop, maka cara yang bisa digunakan untuk membobol wifi yang lebih mudah dibanding saat menggunakan HP adalah CMD atau Command Prompt.

Untuk cara membobol sandi wifi tanpa aplikasi menggunakan CMD (Command Prompt) di dekstop atau laptop yaitu sebagai berikut:
  • Dengan laptop, Anda terlebih dahulu harus mengaktifkan mode wifi untuk mencari hotspot terdekat dengan Anda.
  • Selanjutnya Anda tinggal menjalankan halaman CMD (Command Prompt) dengan cara menekan tombol Windows + R, kemudian masukkan kata CMD.
  • Lalu Anda boleh masukkan dalam huruf besar ataupun huruf kecil lalu tekan OK, maka akan muncul halaman CMD berlatar hitam yang khas.
  • Kemudian Anda bisa langsung memasukkan perintah dengan mengetikkan 'netsh wlan show profiles' dan tekan enter.
  • Setelah itu nama jaringan-jaringan wifi yang pernah terkoneksi dengan laptop Anda akan muncul.
  • Langkah selanjutnya, perintah netsh wlan show profiles name (nama jaringan) key=clear bisa Anda masukkan kembali.
  • Sampai di sini, data dari jaringan beserta passwordnya akan ditampilkan dan password tersebut bisa Anda temukan dalam ‘Key Content’.
  • Apabila sudah disimpan, selanjutnya Anda bisa mencari koneksi dengan nama yang serupa kemudian masukkan password yang sudah diketahui tadi.

3. Cara Membobol Sandi Wifi Tanpa Aplikasi dengan Akses Menu ‘Network and Internet’

Cara Membobol Sandi Wifi
Cara Membobol Sandi Wifi Tanpa Aplikasi dengan Akses Menu ‘Network and Internet’
Apabila Anda menggunakan desktop atau laptop, maka ada juga cara lain yang bisa dilakukan untuk membobol password wifi, yaitu dengan masuk ke menu ‘Network and Internet’ yang bisa ditemui di Control Panel.

Untuk cara membobol sandi wifi tanpa aplikasi dengan akses menu ‘Network and Internet’ yaitu sebagai berikut:
  • Sedangkan cara menemukan menu Control Panel bisa dilakukan di Start Menu atau bisa juga dengan mengklik kanan wireless connection berbentuk sinyal. Menu ini biasanya terletak di pojok kanan bawah layar dekat status baterai, yang nantinya digunakan untuk masuk ke menu Open Network and Sharing Center.
  • Jika membuka melalui Control Panel, carilah menu ‘Network and Internet’, selanjutnya masuklah ke menu ‘Network and Sharing Center’ dimana di dalamnya akan bisa diketahui jaringan apa saja yang pernah terkoneksi dengan laptop Anda.
  • Pada jendela baru, menu ‘Manage Wireless Networks’ sudah bisa dilihat dan bisa digunakan untuk mengetahui password dari wifi yang terhubung ke laptop Anda. Sedangkan untuk mengetahuinya Anda tinggal meng-klik ke nama jaringan yang mau dilihat passwordnya.
  • Setelah diklik, maka tab baru yang isinya status dari koneksi wifi yang sedang Anda gunakan akan muncul. Silahkan klik tab ‘wireless properties’ kemudian pilih tab ‘security’ di sebelah kanan.
  • Kemudian detail dari wifi seperti security tipe, encryption type dan network security key akan langsung ditampilkan.
  • Di sini network security key masih berupa titik-titik yang tak terbaca, dan untuk menampilkan karakter aslinya Anda tinggal mencentang ‘show characters’ dan tampillah password dari wifi yang sedang Anda gunakan.
Sebenarnya trik ini termasuk cara yang biasanya mengetahui password wifi yang sudah terhubung ke laptop kita tanpa mengetahui terlebih dahulu apa passwordnya.

Sementara alasannya yaitu untuk mencari tahu password dengan cara ini sehingga bisa digunakan lagi untuk menghubungkan piranti lain yang ingin kita aktifkan wifinya, misal HP atau tablet.

4. Cara Membobol Sandi Wifi Menggunakan Aplikasi Wifi Warden

Cara Membobol Sandi Wifi
Cara Membobol Sandi Wifi Menggunakan Aplikasi Wifi Warden
Selain memanfaatkan menu yang ada di perangkat, nyatanya membobol wifi orang lain tanpa ketauan pemiliknya juga bisa dilakukan menggunakan sebuah aplikasi yang bernama Wifi Warden.

Aplikasi ini bisa di download melalui Play Store secara gratis atau bisa juga melalui link yang akan kami bagikan pada uraian ini.

Jika sudah terinstal maka Anda bisa langsung menggunakan aplikasinya untuk mengetahui password wifi di sekitar.

Cara membobol sandi wifi dengan aplikasi Wifi Warden yaitu sebagai berikut:
  • Download dan install aplikasi Wifi Warden terlebih dahulu melalui link berikut ini (Download Aplikasi Wifi Warden).
  • Selanjutnya buka aplikasi Wifi Warden kemudian pilih menu Signals, nanti akan muncul pilihan id wifi
  • Setelah itu pilih salah satu alamat wifi, kemudian pilih Connect via WPS.
  • Kemudian pilih Calculate PIN, setelah itu klik Try All PIN.
Sayangnya, dari beberapa kali percobaan yang kami lakukan dengan memasukkan semua pin yang ada, tidak ada satupun yang berhasil menembus sandi wifi tersebut.

Namun tidak ada salahnya untuk dicoba, karena jika beruntung mungkin Anda akan terkoneksi ke jaringan wifi yang dituju.

5. Cara Membobol Sandi Wifi Dengan Aplikasi Wifi Map

Cara Membobol Sandi Wifi
Cara Membobol Sandi Wifi Dengan Aplikasi Wifi Map
Aplikasi kedua yang bisa digunakan untuk membobol sandi wifi yaitu menggunakan aplikasi Wifi Map.

Hanya saja aplikasi ini tidak tersedia di Play Store, sehingga Anda harus mendownloadnya melalui pencarian Google.

Untuk cara membobol sandi wifi dengan aplikasi Wifi Map yaitu sebagai berikut:
  • Langkah pertama, download dan install aplikasinya melalui link berikut ini (Download Aplikasi Wifi Map).
  • Kemudian buka aplikasi Wifi Map, lalu klik ‘Accept’ > ‘Next’ > ‘Next’ > ‘Enable location’.
  • Di layar akan muncul jaringan wifi yang tersedia, silahkan pilih salah satu yang akan di bobol wifi nya.
  • Lalu klik ‘Unlock Password’ dan nanti akan muncul password wifinya, silahkan copy password wifi dan paste di setingan wifi.
  • Selesai.
Setelah kami mencoba menggunakan aplikasinya, ternyata Wifi Map ini berjenis forum, dimana password yang ditampilkan merupakan hasil dari pengguna lain yang pernah mengunjungi tempat tersebut yang kebanyakan adalah cafe dan resto.

Dan cara membobol wifi menggunakan aplikasi ini akan berhasil jika si pemilik tidak mengganti passwordnya.

Akhir Kata

Demikian informasi yang bisa kami sampaikan tentang cara membobol sandi wifi tanpa aplikasi & dengan aplikasi yang bisa dipelajari dan diterapkan.

Dari beberapa cara yang telah kami bagikan di atas, Anda bisa mencoba satu persatu untuk mendapatkan akses internet gratis melalui jaringan wifi.

Tetapi kami tidak menyarankan kepada Anda semua untuk menggunakan cara di atas secara berlebihan.

Karena tidak hanya merugikan orang lain, namun membobol wifi orang lain tanpa diketahui pemiliknya ini juga melanggar hukum dan ada konskuensi hukup yang harus dipertimbangkan. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.
Dody Sulpiandy Currently a finance and technology practitioner and working as a business and IT consultant since 2018 in several online media.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel