Cara Setting WiFi Repeater Lewat HP

Cara Setting WiFi Repeater Lewat HP
Cara Setting WiFi Repeater Lewat HP - Pernahkah ada kesulitan dalam menghubungkan perangkat ke dalam jaringan WIFi karena berada di luar jangkauan?

Gangguan seperti ini sering kali terjadi akibat keterbatasan kemampuan pemancar WiFi yang dimana jaringannya hanya bisa ditangkap dalam radius tertentu saja.

Sudah menjadi pengetahuan umum, bahwasanya semakin jauh perangkat dari lokasi pemancar, maka akan semakin jelek juga jaringan WiFi yang ajan diterima.

Selain itu, ruangan dengan mempunyai banyak sekat juga bisa mempengaruhi kualitas transmisi, imbasnya bukan hanya pada kecepatan internet saja melainkan pada perangkat anda yang mungkin akan kesulitan dalam mendeteksi jaringan.

Oleh karena itulah, dibutuhkan perangkat tambahan seperti Repeater supaya sinyak yang dipancarkan menjadi jauh lebih kuat dan luas.

Pada kesempatan kali ini kami akan memberikan pembahasan mengenai bagaimana cara yang bisa dilakukan untuk mensetting WiFi Repeater melalui perangkat Handphone.

Namun, sebelum masuk ke dalam pembahasan utamanya, ada baiknya ada simak terlebih dahulu penjelasan mengenai WiFI Repeater ini.

Repeater merupakan sebuah alat atau perangkat khusus yang berfungsi untuk menerma dan juga memperluas jangkauan dari sinyal WiFi.

Untuk bisa menggunakan alat yang satu ini setidaknya anda harus berada pada area jangkauan WiFi utama terlebih dahulu.

Setelah itu, barulah sinyal bisa diperkuat dengan menggunakan bantuan Repeater, yang lebih menariknya lagi penggunaan Repeater ini sama sekali tidak akan mempengaruhi kualitas pengiriman data antar mode.

Bukan hanya itu saja, WiFi Repeater jenis yang lainnya juga sering kali digunakan untuk kabel, dimana Repeater kabel sendiri berfungsi untuk memperkuat sinyal yang sudah ditransmisikan melalui kabel jaringan.

Biasanya, dalam rentang jarak waktu tertentu anda harus memasang alat yang satu ini untuk bisa menjaga kekuatan sinyal data.

Penggunaan Repeater kabel ini sendiri memungkinkan dua lokasi yang sedit jauh dan bisa dihubungkan secara efektif.

Terlepas dari itu semua, Repeater mempunyai beberapa sebutan lain berdasarkan fungsi dan juga kegunaannya.

Sebagai penguat sinyal, kebanakan orang menyebut Repeater dengan nama WiFi Booster, adapun sebgaian orang yang menyebut Repeater dengan sebutan WiFi Extender karena mempunyai fungsi sebagai alat untuk memperluas jangkauan sinyal WiFi.

Mungkin hanya itu saja sedikit penjelasan mengenai WiFi Repeater ini yang bisa kami sampaikan kepada anda.

Selanjutnya, kami akan kembali beralih ke dalam pembahasan utama dari artikel kali ini yang akan kami bagikan.

Untuk informasi yang lebih jelasnya, silahkan anda bisa langsung saja simak ulasan mengenai Cara Setting WiFi Repeater Lewat HP yang sudah ada di bawah ini sampai selesai.

Cara Setting WiFi Repeater Lewat HP

Cara Setting WiFi Repeater Lewat HP
Cara Setting WiFi Repeater Lewat HP
Sebenarnya meelakukan setting WiFi Repeater melalui perangkat Handphone sangatlah mudah untuk dilakukan, bahkan bisa dikatakan caranya hampir mirip dengan mengatur melalui PC ataupun kompoter.

WiFi Repeater ini sebenarnya mempunyai fungsi untuk memperkuat sinyal dan juga memperluas jangkauan jaringan pada WiFi nirkabel yang anda gunakan.

Jadi, bisa dibilang bahwasanya anda tidak akan bisa mengakses jaringan internet hanya dengan menggunakan Repeater saja.

Dikarenakan untuk mengakses jaringan internet anda juga membutuhkan sebuah router yang akan memancarkan koneksi internet tersbeut.

Dengan menggunakan Repeater saja akan sangat membantu anda dalam memperkuat jangkauan jaringan internet pada WiFi yang anda gunakan.

Karena, seperti yang sudah anda ketahui sendiri bahwasanya pancaran jaringan dari router WiFi saja tidak semuanya sama dan juga stabil.

Pada umumnya, pancaran dari jaringan internet dari WiFi yang digunakan berskisaran antar 30 sampai dengan 50 menter dari router WiFi tersebut.

Namun, menurut beberapa orang mengatakan bahwasanya pancaran sinyal dari WiFi tersebut akan semakin berkurang seiring dengan berjalannya waktu.

Maka dari itulah pada kesempatan kali ini kami akan membahas mengenai cara mensetting WiFi Repeater dengan tujuan supaya bisa memperluas jaringan internet pada WiFi yang anda gunakan.

Sehingga hanya dengan menggunakan WiFi Repeater saja anda masih bisa menggunakan akses internet dari WiFi tersebut walaupun berada dalam jangkauan maksaimal jaringan WiFi tersebut.

Silahkan anda bisa langsung saja simak langkah-langkah mengenai Cara Setting WiFi Repeater Lewat HP yang sudah ada di bawah ini, yaitu sebagai berikut:
  • Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah menghidupkan Repeater TP-Link yang sedang anda gunakan terlebih dahulu.
  • Setelah itu, anda hanya tinggal menghubungkan perangkat Handphone Android yang anda gunakan ke sinyal WiFi Repeater, biasanya akan terdapat sinyal WiFi dengan SSID yang sudah sesuai dengan nama TP-Link yang anda gunakan.
  • Anda bisa langsung saja mengisikan Password untuk menghubngkan Handphone ke dalam Repeater TP-Link, dan untuk mengetahui password dari Repeater TP-Link tersebut anda bisa melihatnya pada bagian belakang alat Repeater TP-Link yang sedang digunakan.
  • Apabila Handphone yang anda gunakan sudah terhubung dengan Repeater TP-Link, biasanya akan terdapat sebuah notifikasi yang apabila anda klik maka akan langsung diarahkan ke dalam halaman login Repeater tersebut.
  • Bila tidak ada, maka anda bisa mengaksesnya secara manual melalui aplikasi browser yang sudah ada dalam perangkat Handphone anda dengan mengakses alamat biasanya pada 168.0.1.
  • Setelah anda berada dalam laman login Repeater, nantinya anda akan langsung diarahkan untuk mengisi password yang baru.
  • Kemudian, anda hanya tinggal mengisi data yang sesuai dengan yang dibutuhkan, lalu klik Lest Get Start, namun ada juga sebagian yang memang sudah tidak harus melakukan settingan password.
  • Selanjutnya, anda hanya tinggal melakukan Login dengan menggunakan Username:Admin dan juga dengan Password: Admin.
  • Lanjut, anda tinggal mengatur zona waktu atau time zone, anda bisa menyesuaikan lokasi anda misalnya anda memilih Jakarta lalu Next.
  • Namun, apabila anda tidak menemukan pengaturan time zone, maka anda bisa skip saja karena memang terdapat beberapa model yang tidak perlu melakukan settingan time zone.
  • Berikutnya, anda bisa langsung saja masuk ke dalam menu setting yang sudah ada pada bagian Wireless, lalu pilihlah LAN dan setting IP pada Repeater tersebut yang awalnya 192.168.0.1 menjadi 192.168.0.20.
  • Hal tersebut bisa anda lakukan untuk menghindari problem tabrakan IP Address nantinya, kemudian Save dan tunggulah sebentar karena Repeater akan di Restart.
  • Selanjutnya anda bisa langsung saja masuk pada bagian Operation Mode, lalu pilihlah Range Extender karena anda akan menjadikan TP-Link tersebut menjadi Repeater lalu Save dan tunggulah selama beberapa saat, karena secara otomatis TP-Link akan di Reboot.
  • Anda bisa langsung saja masuk pada menu Quick Setup dan kliklah opsi Next dalam langkah yang satu ini, nantinya TP-Link akan menscan WiFi yang berhasil terjangkau, anda harus memastikan bahwasanya WiFi yang akan digunakan tersebut terhubung dengan Internet.
  • Kemudian anda tinggal lakukan Setting IP TP-Link supaya tidak lagi bentrok dengan IP dari router yang anda gunakan, dengan masuk ke dalam bagian Netwaork DHCP, dan mengubahnya menjadi Static.
  • Silahkan anda bisa mengubah bagian belakangnya saja supaya tidak sama dengan IP Address Router yang akan diambil sumber internetnya.
  • Lalu, anda tinggal kembali ke AP list dan kliklah Connect dengan begitu anda bisa langsung saja memasukkan Password WiFi dari Router tersebut.
  • Pada bagian WiFi Range Extender anda bisa menggantinya dengan nama yang sesuai dengan keinginan anda karena SSID tersebut akan tampil pada Device pengguna nantinya, lanjut anda tinggal mengklik Next.
  • Ubahlah pada bagian Smart DHCP menjadi IP Static, lalu anda tinggal membuat DHCP server menjadi disable dan klik Next.
  • Selesai!!!
Maka dengan begitu anda sudah selesai mengatur WiFi Repeater TP-Link dengan menggunakan perangkat Handphone Android yang dimiliki.

Banyak dari para penggunanya yang mengeluhkan, bahwasanya sering kali WiFi Repeater tidak bisa terhubung.

Sebenarnya terdapat beberapa faktor penyebab kenapa WiFi Repeater tidak bisa terhubung atau terdapat kasus yang lainnya membuat WiFi tersebut tidak bisa diakses.

Akan tetapi, sebenarnya penyebab yang sering kali terjadi pada kasus yang satu ini adalah kesalahan dalam melakukan setting Repater itu sendiri dan yang kedua terjadinya Troble pada bagian IP Address.

Permasalahan yang sering kali terjadi akibat IP Address tersebut disebabkan karena terjadinya tabrakan IP yang akan dipancarkan Repater.

Dan untuk permsalahan pada Repeater WiFi yang tidak bisa terhubung biasanya disebabkan karena adanya kesalahan dalam memasukkan Password WiFi yang akan diperluas jaringannya, sehingga Repeater WiFi tersebut tidak akan bisa terhubung.

Cara Mengganti Password WiFi Repeater TP-Link Melalui Handphone Android

Cara Setting WiFi Repeater Lewat HP
Cara Mengganti Password WiFi Repeater TP-Link Melalui Handphone Android
Selain permasalahan pada koneksi, banyak juga yang bertanya mengenai bagainana cara yang dilakukan untuk mengganti kata sandi dari WiFi Repater tersebut.

Setelah anda mengetahui Cara Setting WiFi Repeater Lewat HP, kini anda bisa lanjut simak bagaimana cara mengganti password pada WiFi Repeater, yaitu sebagai berikut:
  • Tahap pertama yang harus anda lakukan adalah membuka aplikasi Browser Chrome yang sudah ada di dalam perangkat anda.
  • Setelah itu, anda bisa langsung saja Login ke TP-Link dengan mengakses alamat berikut 192.168.1.10 atau sesuai dengan alamat IP yang sudah ditentukan sebelumnya.
  • Selanjutnya anda bisa langsung saja masuk ke bagian Wireless, kemudian anda tinggal memilih menu Wireless Setting dan pilihlah Setting Password.
  • Yang terakhir, anda hanya tinggal mengubah Password tersebut dengan menggunakan password baru sesuai dengan keinginan anda, lalu Save.
  • Selesai!!!

Cara Menggunakan WiFi Repeater

Cara Menggunakan WiFi Repeater
Cara Menggunakan WiFi Repeater
Anda bisa membeli WiFi Repeater pada berbagai macam toko perangkat komunikasi, baik itu secara online ataupun offline.

Harga yang ditawarkan oleh setiap produsen dan juga penjual juga sangatlah beraneka ragam, namun anda sudah bisa mendapatkan satu WiFi Repeater pada saat ini dengan harga ratusan ribu saja.

Adapun cara menggunakan WiFi Repeater secara detail juga bisa berbeda-beda antara satu merek dan juga tipe.

Setelah anda mengetahui Cara Setting WiFi Repeater Lewat HP, selanjutnya anda juga harus mengetahui bagaimana cara menggunakan WiFi Repeater, yaitu sebagai berikut:
  • Tahap pertama yang harus anda lakukan adalah memasangkan perangkat WiFi Router pada stop kontak yang aktif dengan mempertimbangkan jarak antara WiFi Repeater dan juga Router.
  • Pastikanlah, bahwasanya WiFi Repeater berada ditengah-tengah antara Router dan juga jarak maksimal yang bisa dijangkau oleh sinyal WiFi.
  • Siapkanlah laptop atau PC, kemudian hubungkanlah dengan jaringan WiFi yang anda akan gunakan, lalu akseslah nomor IP dari router tersebut.
  • Dengan begitu, nantinya sistem akan langsung mengarahkan anda ke dalam halaman untuk login, masukanlah Username dan Password sesuai dengan yang sudah didaftarkan sebelumnya, lalu klik OK atau Sumbit.
  • Yang terakhir, anda tinggal mengarhkan kursor pada menu Wireless Repeat Mode, lalu pilihlah Select, dan masukkanlah SSID WiFi yang anda gunakan beserta dengan passwordnya.
  • Selesai!!!
Bagaimana? Sangat mudah sekali bukan cara untuk menggunakan WiFi Repeater yang bisa langsung anda terapkan.

Pastinya, supaya akses internet WiFi anda selalu lancar, maka anda jangan lupa juga untuk membayar tagihan tepat pada waktunya.

Akhir Kata

Itulah dia semua pembahasan mengenai cara setting wifi repeater lewat hp yang bisa kami berikan untuk anda terapkan dengan sangat mudah.

Kami berharap dengan adanya ulasan yang sudah kami berikan di atas anda sudah tidak kebingungan lagi apabila ingin mensetting wifi repeater ini untuk memperkuat jaringan atau jaringan wifi yang ada dirumah.

Jika anda merasa bahwasanya penjabaran yang sudah kami sampaikan di atas itu penting, jangan lupa untuk bantu bagikan artikel ini ke teman ataupu kerabat anda yang belum mengetahuinya.

Cukup sudah kami rasa segala macam uraian dalam artikel kali ini yang bisa kami sampaikan kepada anda, sekian dan terimakasih atas waktu yang sudah anda luangkan.
Dody S. Editor artikel teknologi, konsultan IT. Telah berkecimpung di bidang website dan teknologi sejak tahun 2017.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel